Kamis, 11 Februari 2016

10 Doa-Doa Mustajab di Dalam Islam

Kumpulan Doa-doa Mustajab Agar Cepat Terkabul _ Doa-doa mustajab adalah doa-doa yang cepat dikabulkan atau ada juga yang menyebut doa manjur. Sebagai manusia, berdoa adalah sebuah hal yang sulit untuk tidak dilakukan. Apapun agamanya, bahkan mungkin bagi orang yang tidak beragama sekalipun. Berdoa adalah kebiasaan manusia saat ini, terlebih lagi bagi orang-orang yang beragama. Di dalam Islam, berdoa hanya dilakukan kepada Allah SWT. Jika berdoa kepada sembahan lain maka termasuk perbuatan dosa karena pada dasarnya hanya Allah SWT tempat untuk meminta. Oleh karena itu, jika berdoa selain kepada Allah maka termasuk perbuatan musyrik.

Doa-doa mustajab adalah doa yang cepat dikabulkan atau doa yang manjur. Ada banyak doa, namun tidak semua doa yang dipanjatkan untuk Allah SWT dapat dikabulkan. Di dalam Islam, ada yang disebut sebagai doa-doa mustajab bagi para umat Muslim. Doa-doa tersebut di antaranya yaitu:

Doa Mustajab

1. Doa untuk saudaranya

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.
‘Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.’”

Bagi umat Muslim yang mendoakan saudaranya namun tidak diketahui oleh orang yang didoakan, maka malaikat akan menjawab “Engkau juga akan mendapat apa yang kamu doakan”.

2. Doa orang teraniaya

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar ungkapan yang satu ini. Di mana orang-orang yang teraniaya memiliki doa-doa yang mustajab atau doa-doa yang cepat dikabulkan. Hal ini bukan hanya mitos semata, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “Takutlah kalian kepada doa orang yang teraniaya (terdzalimi) karena tiada hijab di antara doa tersebut dengan Allah”.

3. Doa orang tua

 اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.
Artinya :
 “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Banyak orang meyakini bahwa doa-doa orang tua untuk anak-anaknya adalah doa-doa mustajab. Bagaimanapun, orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin sukses dalam melakukan hal apapun, mintalah restu dan doa orang tua Anda. Sekalipun tanpa diminta orang tua Anda tetap akan mendoakan Anda, namun akan lebih baik lagi jika Anda memintanya.

4. Doa seorang musafir

Salah satu doa mustajab yaitu doa seorang musafir sesuai dengan sabda Rasulullah “Ada tiga doa yang mustajab yang tidak perlu diragukan lagi, di antaranya yaitu doa orang yang terdzalimi, dia musafir dan doa orang tua untuk anaknya”.

5. Doa ketika berbuka

 اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

    Artinya :
    Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.


Orang-orang yang berpuasa kemudian berbuka, ketika ia berdoa maka doanya termasuk doa mustajab.

6. Doa pemimpin yang adil

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا
(Allahumma laa tusallith ‘alainaa bidzunubinaa man laa yakhafuka fiinaa wa laa yarhamunaa)

“Yaa Allah -dikarenakan dosa-dosa kami- janganlah Engkau kuasakan (beri pemimpin) orang-orang yang tidak takut kepada-Mu atas kami dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”

Menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana memang sulit untuk dilakukan. Namun bagi para pemimpin yang adil ternyata doa-doanya termasuk doa yang mustajab. Dari Abu Hurairah ra, “Ada 3 golongan orang yang doanya tidak ditolak, yaitu orang yang berbuka puasa, doa pemimpin yang adil dan doa orang yang teraniaya. Di mana Allah akan mengangkat doa-doa orang tersebut ke atas awan sehingga pintu langit terbuka untuknya dan berfirman ‘Demi kemuliaan-Ku, sungguh Aku akan menolong kalian walau berselang waktu’”.

7.  Doa anak sholeh

 اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII'IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU'MINIINA WAL MU'MINAATI AL AHYAA'I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI' BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL ADHIIMI.
    Artinya :
    Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

 
Salah satu amalan yang tidak terputus hingga orang mati adalah doa anak yang sholeh. Jadi dengan kata lain, doa anak sholeh termasuk doa yang mustajab.

8. Doa orang yang dalam kesulitan

 اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً
Allaahumma Laa Sahla Illaa Maa Ja’altahu Sahlaa Wa Anta Taj’alul Hazna Idza Syi’ta Sahlaa

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan apabila Engkau berkehendak, Engkau akan menjadikan kesusahan menjadi kemudahan. ( (HR. Ibnu Hibban dalam SHAHIHNYA no. 2427, Ibnu Sunni dalam Amal al-Yaum wa al-Lailah no. 351, Abu Nu’aim dalam Akhbar Ashfahan: 2/305, Imam Al-Ashbahani dalam al-Targhib: 1/131 )

Sesuai dengan firman Allah “Siapa saja yang berdoa dalam kesulitan dan ia memohon kepada-Nya yang menghilangkan kesulitan dan yang menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi? Apa di samping Allah ada Tuhan lain? Sangat sedikit sekali kamu mengingat-Nya”.

9. Doa orang yang tidur dalam berzikir


اللهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar (QS. Al-Baqarah: 255)

Orang yang tidur dalam kondisi masih suci dan berzikir maka doanya termasuk doa mustajab. Maksudnya yaitu jika Anda sedang dalam keadaan suci kemudian berdzikir namun akhirnya tertidur, kemudian bangun di malam hari dan berdoa maka doanya adalah doa mustajab.

10. Doa di malam hari

Bagi orang-orang yang tertidur kemudian bangun di malam hari dan berdoa dengan doa yang matsur maka doanya termasuk doa mustajab.


Itulah doa-doa yang mustajab atau doa-doa yang cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Siapa saja yang berdoa tentu mengharapkan doa-doanya cepat dikabulkan. Tidak hanya berharap semoga terkabul tetapi juga berharap semoga terkabul dalam waktu cepat atas doa-doa tersebut. Setelah mengetahui doa-doa mustajab tersebut, Anda tentu lebih tahu doa yang akan cepat dikabulkan.

10 Doa-Doa Mustajab di Dalam Islam Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina