Minggu, 14 Februari 2016

Doa Bangun Tidur dan Adab Bangun Tidur Dalam Islam

Doa bangun tidur saat ini sudah semakin jarang diamalkan oleh sebagian besar umat Islam. Tak bisa dipungkiri, gaya hidup jaman sekarang membuat tidur kita menjadi kurang teratur. Selain itu, fisik yang telah terlampau lelah setelah seharian bekerja juga membuat tidur kita menjadi kurang lelap. Sehingga seringkali kita terbangun kesiangan. Sehingga sangat wajar jika membaca doa setelah bangun tidur pun terlewat. 

Kita begitu tergesa-gesa untuk memulai hari tanpa mengucap syukur atas nikmat hidup yang diberikan Allah SWT pada kita. Padahal Rasulullah SAW telah mencontohkan adab setelah bangun tidur yang patut kita contoh. Doa bangun tidur beserta adab bangun tidur sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Kita sebagai umat Muhammad selayaknya mengikuti teladan yang sudah beliau wariskan kepada kita.

Doa Bangun Tidur

Adab Bangun Tidur

1. Mengusap bekas tidur yang ada di wajah

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Akhmad, Bukhari, Nasai dan yang lainnya, Ibnu Abbas ra. telah menceritakan, bahwa suatu ketika beliau menginap di rumah bibinya, yaitu Maimunah ra., salah satu dari istri Rasulullah Muhammad SAW. Beliau melihat Rasulullah SAW bangun di pertengahan malam, kemudian beliau duduk dan mengusap bekas kantuk yang ada di wajah beliau.

2. Membaca doa bangun tidur

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa ada beberapa sahabat, diantaranya al-Barra bin Azib dan Hudzaifah bin al-Yaman menceritakan kebiasaan Nabi Muhammad SAW setelah bangun tidur selalu membaca doa bangun tidur sebagai berikut:

Bacaan Do’a Sesudah Bangun Tidur :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

"An nabiiyya sholallahu ‘alaihi wa sallama, Kaana idzastaiqodho qoola"

Yang berarti, “Rasulullah SAW pada saat bangun dari tidur beliau akan memanjatkan doa: Alhamdulillahii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wailaihi nusyuuru.” (HR. Bukhari, Muslim).

3. Membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran

Ibnu Abbas ra. menceritakan bahwa pada saat beliau bermalam di kediaman bibinya, yaitu Maimunah ra., bahwa beliau melihat Rasulullah SAW bangun, kemudian membaca 10 ayat terakhir dari QS. Ali Imron.

“Fajalasa yamsahun nauma ‘an wajhihi biyadihi. Summa qoro al ‘asyrol aayaatil khowaatima min suuroti aali ‘imroona.”

Yang mengandung arti, “Beliau bangkit dari pembaringan, selanjutnya menghapus bekas kantuk yang terlihat di wajah beliau dengan dua tangan, lalu beliau melafalkan 10 ayat yang terakhir dari Qur’an surah Ali Imran. “ (HR. Ahmad, Bukhari, dan Nasai).

4. Keempat, gosok gigi

Dalam sebuah hadits, salah satu sahabat Nabi, yaitu sahabat Hudzaifah ra. telah menceritakan,
“Kaanan nabiyyu shollallahu ‘alaihi wa sallama idzaa qooma minal laili, yasyuushu faahu bi siwaak.”
Yang artinya yaitu, “Rasulullah SAW disaat beliau terbangun di pertengahan malam, beliau lalu bersiwak untuk membersihkan mulut beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Kelima, membersihkan hidung

Salah satu adab setelah bangun dari tidur adalah membersihkan lubang hidung. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Abu Hurairah ra menceritakan bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda:

“Idzaastayqodho ahadakum min naumihi, falaa yaghmis yadahu fiil iinaai hatta yaghsilahaa salaasan, fainnahu laa yadrii ayna baatatyaduhu.”

Yang mengandung arti, “Apabila kalian telah terbangun dari tidur malam, maka bersihkan lubang hidung kalian tiga kali karena setan suka sekali bermalam di rongga hidung.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Demikianlah uraian mengenai doa bangun tidur beserta adab setelah bangun dari tidur sebagaimana telah dicontohkan oleh teladan kita, Nabi Agung Muhammad SAW. Shalawat dan salam semoga tercurah selalu kepada Rasulullah SAW, keluarga dan juga sahabat-sahabat beliau. Dan semoga kita yang masih tertinggal di sini dimudahkan untuk mencontoh teladan yang telah beliau wariskan untuk umatnya. Wallahu a’lamu bis showwab.

Doa Bangun Tidur dan Adab Bangun Tidur Dalam Islam Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina