Rabu, 17 Februari 2016

Doa Mau Belajar dan Selesai Belajar Dalam Islam

Doa Mau Belajar dan Selesai Belajar - Doa mau belajar merupakan doa yang kita panjatkan pada saat kita akan memulai proses belajar, agar ilmu yang didapatkan adalah ilmu yang barokah, ilmu yang berasal dari Allah, dan bukan selain-Nya. Belajar atau mencari ilmu merupakan salah satu perintah Allah SWT. Allah mencintai mereka yang rajin menuntut ilmu, kemudian mengamalkan ilmu yang didapatkan. Setiap kita berada di majelis ilmu, para malaikat juga duduk bersama kita. Doa mau belajar dan selesai belajar termasuk di dalam adab untuk menuntut ilmu. Adab tersebut dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai contoh nyata, teladan bagi umat.

Doa mau belajar dan selesai belajar termasuk dalam adab menuntut ilmu seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW pada kita, umat Islam. Jika kita membaca doa sebelum belajar, maka kita akan dimudahkan untuk menyerap ilmu yang diberikan. Apabila telah selesai belajar, kemudian kita membaca doa sesudah belajar, maka ilmu yang kita dapat akan tersimpan di kepala kita sebagai berkah yang kita terima dari Allah SWT.

Doa Mau Belajar
  • Doa Mau Belajar
Berikut ini adalah doa mau belajar sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabat nabi:

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlitu billaahirobbaa, wabil islaamidiina, wabimmuhammadin nabiyyawwarasuulaa. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa."

Artinya yaitu, “Hamba bersungguh-sungguh bahwa hamba rela Allah sebagai Tuhan hamba, Islam menjadi agama hamba, dan Muhammad menjadi Nabi dan Rasul utusan Allah. Ya Allah, tambahkanlah pada hamba-Mu ini ilmu dan berikanlah pada hamba kepahaman.”

Selain doa tersebut, masih ada doa mau belajar lainnya yang sering dipanjatkan, yaitu:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ
    
Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin

Artinya : Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini.
  • Doa Selesai Belajar
Doa sesudah belajar perlu kita panjatkan setelah kita selesai belajar. Berikut doa selesai belajar dari teladan kita, Nabi Muhammad SAW:

“Allahumma innii istaudi'uka maa ‘alamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin."

  اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya yaitu, "Ya Tuhanku, hamba titipkan kepada Engkau semua yang telah Engkau ajarkan pada hamba-Mu ini, maka kembalikanlah ia kepada hamba di saat hamba membutuhkannya. Dan janganlah Engkau jadikan hamba-Mu ini lupa padanya duhai Tuhan Hamba, Pemelihara alam raya."

Selain doa tersebut, ada doa lain yang biasanya dibaca sesudah belajar secara bersama-sama di berbagai madrasah dan sekolah lainnya, yaitu:

"Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tiba’ah, wa arinal baathila baathila warzuqnajtinaabah."

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Yang mengandung artinya, "Ya Tuhanku, tunjukkanlah kepada kami yang benar tampak benar serta tunjukkan jalan kepada kami untuk mengikutinya, dan perlihatkan pada kami yang batil itu batil serta berikan kami tuntunan untuk menghindarinya".


Demikianlah uraian tentang doa mau belajar dan doa selesai belajar seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Agung Muhammad sebagai teladan untuk umat. Semoga apa yang telah disampaikan ini bisa membawa manfaat untuk Anda para pembaca yang sedang mencari doa ketika hendak belajar.

Doa Mau Belajar dan Selesai Belajar Dalam Islam Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina