Senin, 29 Februari 2016

Inilah Doa Masuk Masjid Yang Benar Menurut Islam

Portal Berita Islam Hari Ini _ Doa masuk masjid, merupakan doa yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT untuk Anda sebagai manusia membacanya ketika hendak memasuki rumah Allah tersebut. Bagi umat Islam, masjid merupakan suatu tempat yang sangat dijaga sekali kesuciannya. Hal ini disebabkan karena masjid merupakan sebuah tempat yang disediakan untuk umat Muslim melakukan ibadahnya yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT. Untuk itulah, siapapun yang hendak memasuki masjid ini haruslah dalam keadaan suci. Untuk menyucikan diri Anda, Anda diharapkan untuk melakukan wudhu yaitu membasuh air yang mengalir ke beberapa anggota tubuhnya. Hal ini dimaksudkan agar najis yang ada di tubuh Anda dapat hilang sebelum Anda memasuki rumah Allah. Doa masuk masjid merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk Anda manusia membacakannya ketika hendak memasuki rumah Allah.

Pentingnya masjid bagi umat Muslim di dunia ini membuat diharuskannya Anda membaca doa masuk masjid sebelum Anda melangkahkan kaki Anda untuk memasukinya. Seperti yang sudah dibahas sebelum-sebelumnya, bahwa tidak ada perintah Allah SWT yang menyesatkan umatnya. Segala perintah Allah SWT merupakan berbau kebaikan yang bisa Anda rasakan seumur hidup Anda, bahkan ketika Anda sudah hidup di alam yang berbeda pun, Allah masih saja memberikan kebaikan untuk Anda. Hal ini bisa Anda dapatkan ketika Anda menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya, termasuk untuk membaca doa ini sebelum masuk ke dalam masjid.

Sebenarnya tidak hanya doa untuk memasuki masjid saja yang harus Anda lakukan, melainkan juga doa untuk keluar masjid pun harus Anda lafalkan. Hal ini disebabkan karena di dalam doa tersebut terdapat arti yang sangat bermanfaat untuk kehidupan Anda sampai kapan pun, bahkan hingga maut menjemput Anda. Seluruh amalan yang telah Anda perbuat di dunia ini harus Anda pertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT nanti. Untuk itu, sebelum Anda dijemput oleh Allah untuk mempertanggungjawabkan perbuatan Anda selama di dunia ini, tidak ada salahnya untuk Anda mulai membiasakan diri membaca doa masuk masjid sebelum Anda melangkahkan kaki Anda memasukinya.

Doa Masuk Masjid

DOA MASUK MASJID DAN KELUAR MASJID
  • Do'a Masuk dan Keluar Masjid
اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Artinya : “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.
  • Doa Keluar Mesjid
اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ.

“A‌llahumma innii as-aluka min fadhlika”.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

Berikanlah rahmat kepada ku, Ya Allah. Buka lah pintu rahmat kepada ku. Itu merupakan kurang lebihnya arti dari doa masuk masjid yang harus Anda bacakan sebelum Anda melangkahkan kaki Anda untuk masuk ke dalamnya. Dari artinya sendiri saja, seharusnya Anda sudah mengetahui bahwa dengan membaca doa tersebut maka secara langsung Anda memohon Allah SWT membukakan pintu rahmatnya kepada Anda. Setelah Anda membacakan doa tersebut, barulah Anda memasuki masjid ini, namun tentu dengan sebelumnya Anda sudah menyucikan diri Anda dengan mengambil air wudhu.

Ketika Anda sudah berada di dalam masjid tersebut dengan sebelumnya Anda membacakan doa masuk masjid, Anda bisa melakukan ibadah yang akan Anda lakukan. Ibadah tersebut bisa Anda melakukan sholat fardhu lima waktu seperti Subuh, Dzuhur, Asar, Maghrib atau Isya. Selain Anda bisa melakukan sholat fardhu tersebut, Anda juga bisa melakukan sholat sunnah, yang artinya Anda boleh saja mengerjakan sholat tersebut dengan mendapatkan pahala dari Allah, sedangkan apabila Anda tidak mengerjakannya pun tidak masalah. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melafalkan ayat-ayat suci Al Quran.


Di dalam masjid pun Anda harus benar-benar menjaga kesopanan dan tingkah laku Anda. Jangan sampai Anda berbicara kotor dan juga dengan nada yang kasar. Anda juga tidak diperbolehkan mengganggu orang lain yang tengah melakukan ibadahnya di masjid yang sama dengan Anda. Setelah Anda melakukan ibadah yang Anda lakukan di dalam masjid tersebut, ketika Anda akan meninggalkannya Anda harus membaca doa keluar masjid, setelah sebelumnya Anda sudah membaca doa masuk masjid.

Inilah Doa Masuk Masjid Yang Benar Menurut Islam Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina