Kamis, 25 Februari 2016

Inilah Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan Dalam Ajaran Islam

Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan _ Doa sebelum makan dan sesudah makan adalah doa yang mungkin telah diajarkan oleh kedua orang tua kepada anaknya ketika masih kecil. Sehingga tak heran, jika banyak anak-anak berusia sekitar 2 tahunan sudah bisa memanjatkan doa tersebut ketika hendak ataupun sesudah makan dan minum, walaupun dengan lafadz yang masih kurang jelas dan terpatah-patah. Tetapi, hal seperti itu sangat wajar karena anak dengan usia tersebut memang masih belum lancar untuk berbicara, dan yang penting sebagai orang tua sudah benar mengajarkan anaknya berdoa sejak usia dini. Doa sebelum makan dan doa sesudah makan merupakan adab makan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Sebagai seorang Muslim, sudah sepatutnya kita meneladani Rasulullah SAW.

Doa sebelum makan dan minum sangat perlu dipanjatkan tak hanya untuk anak kecil, tetapi orang dewasa pun juga wajib mengamalkannya tanpa terkecuali. Sebagai umat Muslim yang beriman, maka janganlah sampai melupakan berdoa dalam bentuk apapun. Jikalau memang ternyata benar-benar lupa, itupun juga ada doanya. Masya Allah, banyak sekali sesuatu yang baik dan indah yang telah diajarkan oleh Islam mengenai doa. Oleh sebab itu, jangan sampai menyepelekan sebuah doa.

Doa sebelum makan dan sesudahnya merupakan interaksi paling privat antara seorang hamba dengan Tuhannya. Doa adalah salah satu bentuk wujud syukur dan terima kasih kita terhadap-Nya, sekaligus sebagai bentuk permohonan kepada-Nya. Allah SWT sendiri telah memperbolehkan hamba-Nya untuk meminta, bahkan sampai memerintahkan agar hamba-Nya memohon kepada-Nya, sebagai bentuk pengakuan seorang hamba kepada Sang Maha Pencipta. Bahkan jika seorang hamba tidak mau meminta, maka ia termasuk dalam golongan orang yang sombong, karena ia menyombongkan kekuatan dirinya yang semua itu sebenarnya hanyalah titipan dari Allah semata. Sebuah titipan yang sewaktu-waktu bisa diambil kembali, kapan pun itu.

Doa Sebelum Makan
  • Doa Sebelum Makan
Doa sebelum makan merupakan salah satu bagian dari adab makan yang telah dicontohkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW. Berikut doa yang dipanjatkan sebelum kita makan:

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

"Bismillahirrahmanirrahiim".

Artinya yaitu, "Dengan menyebut asma-Mu, Ya Allah, Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Allaahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa wa qinaa adzaaban-naar".

Yang artinya, "Ya Tuhan kami, berikanlah berkah pada rizqi yang telah Engkau karuniakan pada kami serta jaga kami dari siksaan api neraka."
  • Doa Sesudah Makan
Berikut ini adalah doa sesudah makan seperti halnya doa yang diajarkan Rasulullah pada sahabat-sahabat:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

 “Alhamdulillahil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa muslimiin”.

Artinya yaitu, "Segala puji kami panjatkan pada-Mu ya Allah yang telah memberikan kami makan serta minum dan menjadikan kami orang-orang Islam".
  • Doa ketika lupa membaca doa sebelum makan
 بِسْمِ اللهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ
 
"Bismillaahi awwalahu wa akhirahu."

Artinya adalah "Dengan menyebut asma-Mu, ya Tuhanku, dari awalnya hingga akhirnya."

Doa sebelum makan ini dan juga doa sesudah makan, serta doa ketika lupa membaca doa sebelum makan telah kami tuliskan satu demi satu di atas beserta latin dan juga artinya. Sebagaimana Rasullullah telah mencontohkan pada kita, semestinya seperti itulah kita harus melakukannya. Jika bukan meniru orang yang telah dipilih Allah SWT sebagai penunjuk jalan bagi kita, lantas pada siapa lagi kita akan meniru? Semoga uraian di atas bisa mengingatkan kita semua akan pentingnya doa. 


Doa-doa tersebut kami kutip dari berbagai sumber yang memang terpercaya mengenai berbagai jenis doa dalam agama Islam. Semoga artikel yang kami suguhkan ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari referensi tentang doa. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lain, karena masih banyak artikel kami yang membahas tentang doa yang tentunya juga sangat bermanfaat. Wallahu a’lamu bi showwab.

Inilah Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan Dalam Ajaran Islam Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina