Senin, 22 Februari 2016

Inilah Doa Sebelum Tidur dan Adab Menjelang Tidur

Berita Islam Masa Kini _ Doa sebelum tidur merupakan salah satu tuntunan yang dicontohkan oleh Nabi besar Muhammad Rasulullah untuk umatnya. Saat ini kebiasaan baik membaca doa menjelang tidur semakin jarang dilakukan oleh umat Islam. Karena begitu padatnya aktivitas dari pagi hingga malam hari, kita seringkali kelelahan begitu sampai di rumah. Alhasil tidur pun tanpa persiapan. Begitu badan menyentuh kasur, kita pun langsung pergi ke alam mimpi. Jangankan untuk wudhu, bahkan membaca doa sebelum kita tidur pun terlewat. Jika kita tak kelelahan, seringkali kita menghabiskan malam di depan televisi. Bukan rahasia lagi kalau kita seringkali tertidur sebelum acara televisi berakhir. Dan bisa dipastikan kalau kita tak sempat mengucap doa tersebut. Doa sebelum tidur selayaknya dilakukan oleh umat Islam sebagaimana telah dicontohkan Rasulullah SAW. Selain itu, sebaiknya kita berwudlu dan membaca dzikir yang telah ditentukan.

Tidur merupakan kebutuhan setiap orang. Tidur nyenyak bisa mengembalikan kekuatan kita kembali. Namun, jangan sampai karena kita begitu merindukan bisa terlelap, kita lupa untuk menjadikan tidur kita sebagai bagian dari ibadah. Karena Allah SWT telah memerintahkan agar setiap aktifitas kita dalam kehidupan ini mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi semua bernilai ibadah, termasuk saat kita tidur. Lantas, bagaimanakah caranya menjadikan tidur kita agar bernilai ibadah? Caranya yaitu dengan mengikuti tuntunan dari Rasulullah SAW yang telah mencontohkan adab Islam sebelum tidur, saat tidur, dan setelah bangun tidur.

Ada beberapa adab sebelum tidur yang telah dicontohkan oleh teladan kita, Rasulullah SAW. Kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW semestinya mengikuti teladan yang telah beliau contohkan kepada kita tersebut. Berikut beberapa contoh adab sebelum tidur, diantaranya tidur di awal waktu, berwudhu sebelum kita tidur, mengibaskan sprei atau membersihkannya dengan sapu pembersih, berbaring miring ke arah kanan, dan membaca dzikir dan doa sebelum tidur. Berikut ini adalah dzikir dan doa yang sebaiknya dibaca menjelang kita tidur.

Doa Sebelum Tidur
  • Dzikir dan Doa Sebelum Tidur
Sebelum kita memejamkan mata, hendaknya kita membaca beberapa dzikir yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW, antara lain ayat kursi atau Surah Al-Baqarah ayat 255, dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah, Surah Al-Mu’awwidzatain, yaitu Surah Al-Falaq dan Surah An-Nas, serta Surah Al-Ikhlas. Setelah itu membaca tasbih (Subhanallah), tahmid (Alhamdulillah) dan juga takbir (Allahu Akbar), masing-masing 33 kali.

Setelah selesai membaca dzikir sebagaimana halnya di atas, kemudian kita dianjurkan untuk membaca doa menjelang tidur. Berikut kami sampaikan doa sebelum tidur sebagaimana yang dituntunkan oleh Nabi kita, Yaitu Nabi Muhammad SAW. Dan di bawah ini adalah Do’a Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur Yang benar dalam islam.

Do’a Sebelum Tidur :

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

BismikaAllahumma ahya wa amutu

Artinya : Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati

Do’a Sesudah Bangun Tidur :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur

Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit

Keterangan :

Doa ini berdasarkan hadits nabi yang diambil dari Riadust Shalihin :

عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ :  بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ

Artinya : Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). (Bukhari).


Dalam doa sebagaimana tersebut di atas, tidur disebut pula dengan mati, karena sejatinya tidur adalah saudara dari kematian. Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Allah Ta'ala telah berfirman bahwa Allah mematikan para hamba-Nya saat mereka tidur. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kita tidur dalam keadaan bersuci dan dalam kepasrahan kepada Sang Pemilik Hidup kita, melalui doa dan dzikir yang kita panjatkan. Dengan melaksanakan adab-adab menjelang tidur tersebut, harapannya kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas sekaligus sebagai bentuk ibadah kepada Sang Pemilik Kehidupan. Semoga kita dibangkitkan dari tidur kita dalam keadaan segar bugar dan terjaga dari gangguan setan yang terkutuk. Demikianlah ulasan mengenai doa sebelum tidur beserta dzikir dan adab sebelum tidur lainnya yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.

Inilah Doa Sebelum Tidur dan Adab Menjelang Tidur Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina