Jumat, 26 Februari 2016

Keutamaan Doa Makan Yang Harus Kita Ketahui

Keutamaan Doa Makan _ Doa makan dalam Islam, merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Hal ini sangat dianjurkan sebab, demi kebaikan manusia itu sendiri termasuk juga pada Anda. Sudah diketahui bahwa terdapat beberapa macam doa yang berhubungan dengan makan. Seperti doa sebelum makan, doa sesudah makan, bahkan doa apabila Anda lupa untuk berdoa ketika Anda akan menyantap makanan pun Anda. Hal ini membuktikan bahwa Allah SWT sangat memperhatikan umatnya. Sebab, sampai hal yang dilupakan pun terdapat perbaikan untuk tetap manusianya dapat berbuat baik kepadaNya. Dibalik setiap doa yang dianjurkan untuk Anda dapat membacanya, terdapat berbagai macam keutamaan atau manfaat yang sangat berguna untuk kehidupan Anda. Doa makan merupakan hal yang harus dilakukan oleh umat manusia. Sebenarnya di balik doa yang ada di dalamnya, terdapat kebaikan yang tersimpan untuk Anda dalam kehidupan.

Tahukah Anda, setiap kali jadwal makan Anda tiba pastilah Anda akan diliputi dengan rasa lapar yang tak terhingga bukan. Ketika Anda dihadapkan dengan makanan yang Anda santap, sering kali Anda lupa untuk membaca doa sebelum makan. Tahukah Anda, itu merupakan sebuah godaan dari syetan agar Anda tidak menjalankan perintah dari Allah SWT. Untuk itulah mengapa Allah memerintahkan Anda dan juga umat yang lainnya untuk terus selalu ingat dan berdoa setiap kali akan melakukan suatu hal seperti doa makan dan juga setelah melakukan hal tersebut.

Mengucapkan bismillahirrohmanirrohim merupakan salah satu cara mudah untuk Anda melindungi diri apabila Anda akan melakukan suatu hal. Akan tetapi, akan lebih baik apabila Anda juga membaca doa makan yang seharusnya Anda baca dan yang sudah diajarkan oleh Islam. Seperti yang sudah dikatakan di awal tadi, doa makan yang Anda ucapkan tersebut akan mengingatkan Anda kepada Allah SWT yang merupakan pencipta Anda. Ketika Anda akan makan, Anda melafalkan doa sebelum makan, setidaknya rasa lapar di dalam tubuh Anda tidaklah menggebu-gebu. Seperti yang telah diajarkan bahwa makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Dan Berikut adalah Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan dalam Islam.

Keutamaan Doa Makan

Doa Sebelum Makan

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"

Artinya :
Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

"Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin"

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam
 
Hal tersebut sangatlah baik untuk kesehatan Anda. Akan tetapi, syetan tidaklah berhenti menggoda Anda dan manusia lainnya. Sering kali Anda digoda agar lupa dengan bacaan bismillah dan juga bacaan doa makan lainnya, sehingga Anda sering kali kalap ketika mengambil makanan dan akhirnya Anda tidak menghabiskan makanan yang telah Anda ambil tersebut. Padahal itu merupakan hal yang sangat tidak baik untuk manusia lakukan. Hal tersebut sama saja Anda tidak mensyukuri rejeki yang telah diberikan oleh Allah SWT dan Anda menyia-siakannya begitu saja karena Anda dikuasai oleh hawa nafsu.

Anda mungkin sering kali melakukan hal tersebut, Anda melihat menu makanan yang begitu nampak menggoda selera, sehingga Anda lupa dengan kapasitas perut Anda untuk bisa menampung makanan yang masuk tidaklah banyak. Ketika itulah syetan telah menghasut Anda untuk lupa dengan Allah SWT, ada baiknya ketika Anda belum makan sekali pun Anda sering kali membaca shalawat sehingga Anda bisa selalu ingat dengan Allah SWT. Namun ketika Anda akan menyantap makanan, hendaklah Anda membaca doa makan yang sudah diajarkan, sebab di dalam doa tersebut berarti Anda meminta keberkahan dengan makanan yang Anda santap dan juga dijauhkan dari siksa neraka.


Dengan Anda membaca doa makan tersebut, setidaknya Anda sudah menjalankan apa yang Allah SWT perintahkan kepada Anda. Anda harus menahan hawa nafsu Anda untuk makan, makanlah sesuai dengan kapasitas yang bisa Anda cerna, dan Anda harus menghabiskannya. Dengan begitu Anda sudah mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada Anda, dan Anda juga tidak menyia-siakannya begitu saja.

Keutamaan Doa Makan Yang Harus Kita Ketahui Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina