Jumat, 05 Februari 2016

Rukun Iman dan Rukun Islam Serta Penjelasan Singkatnya

Rukun iman dan rukun Islam _ adalah hal yang sangat penting dan harus diketahui oleh umat Muslim. Sebagai umat Muslim, baik rukun iman ataupun rukun Islam adalah hal yang sangat mendasar. Bahkan pengetahuan rukun iman dan juga rukun Islam sudah diajarkan di PAUD atau TK. Pasalnya, kedua hal ini memang harus diketahui sejak dini bagi umat Muslim agar dapat mengamalkan perintah agama. Keduanya dapat diibaratkan sebagai pondasi yang jika tidak ada dalam agama. Di mana jika pondasi tersebut tidak ada maka dapat rubuh kapan saja bahkan dengan cobaan kecil.

Rukun iman dan rukun Islam adalah hal yang harus diketahui dan diyakini oleh umat Muslim. Rukun iman sendiri terdiri dari 6 dan rukun Islam terdiri dari 5 hal. Berikut akan disampaikan mengenai rukun iman dan juga penjelasannya. Rukun iman sendiri ada 6, di antaranya yaitu:

Rukun Iman dan Rukun Islam

Rukun Iman dan Penjelasan Singkatnya

1. Iman kepada Allah

Iman kepada Allah artinya adalah percaya kepada Allah, di mana ada beberapa hal yang harus diyakini oleh setiap umat Muslim. Di antaranya yaitu iman adanya Allah, iman bahwa hanya Allah yang menciptakan, menguasai dan mengatur segala isi alam semesta. Selain itu iman bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah dan mengingkari sembahkan selain Allah SWT. Mengimani juga semua nama serta sifat Allah dan menjauhi hal-hal yang bersifat meragukan atau menyerupakan-Nya.

2. Iman kepada Malaikat Allah

Rukun iman yang kedua yaitu iman kepada malaikat Allah, di mana malaikat diciptakan dari cahaya. Malaikat tidak seperti manusia yang dibekali oleh hawa dan nafsu sehingga tidak melakukan dosa.

3. Iman kepada Kitab Allah

Rukun iman yang ketiga yaitu iman kepada kitab Allah, umat Muslim harus meyakini bahwa Al-Qur’an adalah kitab yang menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya. Al-Qur’an sendiri diturunkan kepada nabi Muhammad SAW, yaitu Rasulullah dan sebagai nabi terakhir yang diutus Allah SWT.

4. Iman kepada Rasul Allah

Rukun iman yang keempat yaitu iman kepada Rasul Allah yang menyampaikan berita mengenai agama. Rasul dan nabi bertugas untuk meluruskan akidah umat Muslim agar hanya menyembah Allah dan menjalani perintah serta menjauhi larangannya.

5. Iman kepada hari kiamat

Rukun iman yang kelima yaitu iman kepada hari kiamat, yaitu hari akhir untuk seluruh isi semesta alam. Orang yang sudah mati akan dibangkitkan dan dikumpulkan, kemudian akan ada hari pembalasan.

6. Iman kepada takdir (baik ataupun buruk)

Takdir adalah hal yang harus diyakini oleh umat Muslim, takdir merupakan ketentuan bagi umat manusia.

Rukun Islam dan Penjelasannya

Setelah mengetahui rukun iman dan penjelasan singkatnya, ketahui juga rukun Islam. Bagaimanapun, rukun iman dan rukun Islam adalah 2 hal yang harus diyakini bagi setiap umat Muslim. Rukun Islam sendiri ada 5, di antaranya yaitu:

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat

Rukun Islam yang pertama yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat dan memahami maknanya.

2. Mendirikan sholat

Seperti yang Anda ketahui, sholat adalah tugas seorang Muslim setelah memasuki usia balig. Sholat sendiri menjadi rukun Islam yang kedua dan sebagai tiang agama di dalam Islam.

3. Membayar zakat

Rukun Islam yang ketiga yaitu membayar zakat, di mana tidak hanya zakat fitrah tetapi juga zakat-zakat lainnya.

4. Puasa di bulan Ramadhan

Dalam 1 tahun, akan ada bulan Ramadhan di mana setiap umat Muslim wajib melakukannya. Hal ini sesuai dengan rukun Islam yang keempat, di mana orang yang tidak berpuasa secara sengaja akan mendapatkan dosa.

5.  Menunaikan ibadah haji

Menunaikan ibadah haji menjadi rukun Islam yang kelima atau yang terakhir. Rukun Islam ini hanya diwajibkan bagi umat Muslim yang mampu, tidak memaksakan yang tidak mampu.


Itulah sedikit penjelasan yang dapat disampaikan mengenai rukun iman dan juga rukun Islam. Demikian dan semoga ulasan mengenai rukun iman dan rukun Islam ini dapat bermanfaat.

Rukun Iman dan Rukun Islam Serta Penjelasan Singkatnya Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina