Jumat, 01 April 2016

Bacaan Niat Sholat Subuh dan Amalannya

Niat Sholat Subuh dalam Islam _ Dalam Islam ada lima waktu wajib dimana kita harus mendirikan sholat. Lima waktu tersebut adalah sholat subuh, sholat dhuhur, sholat ashar, sholat maghrib dan sholat yang terakhir adalah sholat isya. Kelima waktu sholat fardhu tersebut merupakan sholat wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam diseluruh dunia. Namun dari ketiga waktu sholat tersebut, ada beberapa waktu sholat yang dianggap paling besar godaannya untuk kita tidak melaksanakannya. Yang paling berat adalah sholat shubuh. Hal ini karena sholat subuh harus dilaksanakan pada waktu subuh yang berada di kisaran jam 4 dini hari. Hal inilah yang membuat banyak sekali orang kesulitan untuk melaksanakan sholat ini. Niat sholat subuh harus diucapkan sekaligus dalam hati dengan niatan yang tulus dan khusyuk untuk beribadah kepada Allah tanpa rasa berbangga diri karena itu akan merusak amalan kita.

Niat Sholat Subuh seringkali kalah dengan rasa kantuk kita. Kita seringkali kalah melawan rasa malas dan nyamannya tempat tidur untuk bangkit dan mengambil air wudhu. Padahal tanpa kita sadari hal semacam ini adalah perbuatan setan yang menggoda kita untuk meninggalkan ibadah sholat shubuh.
Melaksanakan ibadah sholat shubuh dikatakan memiliki nilai amalan yang cukup istimewa. Allahu’alam bishawab, namun jika dilihat dari waktu dan perjuangan kita untuk melaksanakannya, tak heran Allah begitu mengistimewakan hamba-hambanya yang taat dan bangun di waktu subuh untuk sholat. Berhasil bangun di waktu shubuh untuk niat sholat subuh memang merupakan kenikmatan yang luar biasa. Kita seringkali berbangga diri karena kita berhasil bangun dan mengalahkan hawa kantuk yang menjadi-jadi di waktu-waktu tersebut.

Namun, meskipun kita bisa berhasil bangun untuk sholat subuh setiap paginya, berbangga diri juga bukan merupakan sifat yang baik dan tidak disukai oleh Allah. Tidak seperti yang kita kira, bahkan belum tentu mereka-mereka atau saudara saudari kita yang masih tertidur hingga matahari menampakkan diri secara utuh dan tidak melaksanakan sholat subuh adalah mereka-mereka yang tidak lebih baik dari kita yang melaksanakannya. Dan belum tentu kita yang bangun setiap subuh untuk sholat fardhu adalah hamba Allah yang lebih baik dari mereka.

Niat Sholat Subuh

Allah sungguh membenci sifat ujub dan riya’ manusia. Apalagi atas ibadah yang dilaksanakan oleh manusia. Alangkah baiknya kita selalu merendahkan hati dan memandang kecil ibadah kita supaya kita senantiasa meningkatkan keimanan kepada Allah. Jangan sampai hanya karena sudah berhasil bangun untuk menunaikan sholat fardhu subuh berjama’ah misalnya, kita jadi merasa lebih baik meskipun hanya 1 poin saja dari saudara saudari kita yang tidak melaksanakannya. Yang terpenting adalah niatan kita dalam melaksanakan sholat subuh itu sendiri. Apakan kita mengucapkan niat sholat subuh dengan tulus sepenuh hati hanya kepada Allah SWT atau memiliki tujuan-tujuan lain yang merusak amalan sholat kita.

Misalnya pada suatu fajar kita berhasil bangun pagi dan menunaikan sholat subuh, namun ternyata dalam hati kita tanpa kita sadari terselip niatan menceritakan ibadah kita tersebut kepada orang lain yang menimbulkan tinggi hati didalam diri. Na’udzubillahimindzaliq, semoga kita tidak tergolong dalam orang-orang yang demikian. Apabila kita hendak menunaikan ibadah apapun itu, maka cobalah untuk selalu berniat dengan sepenuhnya ibadah kepada Allah SWT. 

Dalam menunaikan ibadah sholat subuh bacalah niat dengan khusyuk dan sepenuh hati, dan Berikut adalah Bacaan Doa Niat Sholat Wajib/Fardu subuh, Arab, Latin, & Terjemahan.

Lafadz bacaan niat sholat subuh 2 rakaat dalam bahasa arab: 

 اُصَلِّيْ فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan niat sholat subuh 2 rakaat dalam bahasa latin:

“Ushalli fardhash shub-hi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an (ma’muuman/imaaman) lillahi Ta’aala.”

Bacaan niat sholat subuh 2 rakaat dalam bahasa indonesia/terjemahannya:

“Aku berniat shalat subuh dua rakaat menghadap kiblat fardhu karena Allah Ta’aala”.


Demikian bacaan niat sholat subuh dan juga amalannya yang semoga bisa kita laksanakan tanpa embel-embel ujub dan membanggakan diri didepan Allah. Sungguh kita sangat kecil dihadapan Allah dan janganlah kita beribadah dengan berbangga diri karena hanya akan mengecilkan diri kita sendiri. Wallahu’alam bishawab, semoga tulisan ini bermanfaat untuk saudara saudari Muslim semuanya.

Bacaan Niat Sholat Subuh dan Amalannya Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina