Rabu, 09 Maret 2016

Doa Naik Kendaraan Untuk Keselamatan Perjalanan

Doa Naik Kendaraan darat dan Laut _ Doa naik kendaraan menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Sebab doa tersebut akan membawa kita pada perlindungan ketika melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Saat menaiki semua jenis kendaraan seperti tentu saja harus ada adab-adab tertentu. Apalagi dalam ajaran di agama Islam, disunahkan untuk membaca doa terlebih dulu sebelum melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Doa tersebut sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat beliau, dan terus diajarkan secara turun temurun hingga sekarang. Oleh karena itu, hadis dibuat sebagai perantara untuk mewariskan semua perilaku dan perbuatan Rasulullah agar diteladani oleh seluruh umat Islam hingga di akhir zaman. Doa naik kendaraan perlu Anda lafalkan sebelum bepergian dengan mengendarai kendaraan tertentu. Tujuannya agar Anda selamat sampai di tempat tujuan.

Kegiatan berkendara hampir dilakukan oleh semua orang di dunia ini. Sehingga sebagai seorang muslim, hendaknya sebelum kita bepergian melakukan doa naik kendaraan terlebih dulu. Dengan tujuan agar Allah Sang Penjamin Keselamatan akan melindungi dan memberi pertolongan saat perjalanan hingga selamat sampai di tempat tujuan. Karena sejatinya setiap keselamatan ketika melakukan perjalanan selalu diingkan setiap orang. Oleh karenanya, sudah sepatutnya Anda sebagai seorang Muslim melafalkan doa saat naik kendaraan.

Namun demikian, tidak sedikit orang Islam yang belum mengetahui berbagai macam doa untuk mengiringinya dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya saat naik kendaraan. Sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam yang lain untuk mengajarkan atau memberitahukannya. Itulah yang disebut berbagi untuk kepentingan dunia dan akhirat. Tidak perlu bersikap egois karena hanya merugikan diri sendiri, terutama kaitannya dengan ibadah. Nah, bagi Anda yang belum tahu mengenai lafal doa naik kendaraan, Berikut adalah bacaan doa naik kendaraan darat, laut dan udara lengkap dalam bahasa arab, latin serta terjemahannya.

Doa Naik Kendaraan
  • Lafadz Doa Naik Kendaraan Darat
سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

“Subkhaanalladzii Sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun”. 

Artinya, “Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”. (Qur’an Surat Azzukhruf ayat 13 – 14). 

Dimana makna dari doa ini adalah berserah diri kepada Allah selama melakukan perjalanan, sekaligus memohon keselamatan hingga sampai ditempat tujuan.
  • Lafadz Doa Naik Kendaraan Laut
 بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْم

"BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM"

Artinya, "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Penggalan doa naik kendaraan seperti ditulis di atas merupakan penggalan dari ayat suci Al Qur’an yang dicontohkan oleh Rasulullah untuk umatnya. Oleh karena itu, Anda sebagai umat Islam seharusnya meneladani Rasulullah yang telah memberikan banyak teladan dan manfaat dalam kehidupan manusia. Teladan dan manfaat tersebut bertujuan bagi seluruh manusia dapat hidup di dunia sekarang dan akhirat kelak lebih baik karena diridhai oleh Allah SWT. Setelah mengetahui informasi ini, sudah seharusnya Anda mempraktikkan dengan niat hanya karena Allah. Selain itu, Anda perlu berharap mendapatkan pahala karena sudah melakukan seperti yang diperintahkan agama Islam. Tentu saja sesuai dengan Al Qur’an dan Al Hadits sebagai pedoman utama umat Islam di seluruh dunia.


Dengan membaca doa naik kendaraan ini secara ikhlas, tentunya kita sebagai umat Muslim berharap agar Allah meridhoi perjalanan yang sedang kita lakukan. Dengan begitu, perjalanan akan aman dan nyaman sampai di tempat tujuan. Meskipun kenyataannya, perjalanan tersebut hanya sebentar dan menempuh jarak waktu yang tak terlalu lama. Tidak ada perbedaan doa untuk melakukan perjalanan dengan route pendek maupun jauh, karena Rasulullah hanya mengajarkan satu doa saja yang intinya adalah memohon keselamatan kepada Tuhan kita Allah. Tidak ada ruginya Anda mempraktikkan untuk kepentingan dan keselamatan diri masing-masing.

Doa Naik Kendaraan Untuk Keselamatan Perjalanan Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina