Selasa, 22 Maret 2016

Doa Setelah Sholat Dhuha Yang dapat Menghapus Dosa Kita

Berita Islam Hari Ini _ Doa setelah sholat Dhuha perlu Anda ketahui informasinya karena dapat dipraktikkan sehari-hari. Doa tersebut dipanjatkan setelah Anda selesai melaksanakan sholat Dhuha. Sholat sunah yang satu ini dapat Anda dilakukan minimal 2 rakaat setiap hari. Waktu yang ditentukan adalah setelah matahari terbit di ufuk timur hingga menjelang siang hari. Lebih utama jika melaksanakan sholat sunah seperti halnya sholat Dhuha di rumah masing-masing. Namun, tidak ada salahnya Anda melaksanakan sholat Dhuha di masjid saat dalam perjalanan. Doa setelah sholat Dhuha sangat bermanfaat bagi Anda sekalian karena dapat menghapus dosa atau kesalahan yang dilakukan. Oleh karenanya, jangan pernah meninggalkannya.

Dengan melaksanakan sholat Dhuha minimal 2 rakaat setiap hari, Anda bisa merasa nyaman karena aktivitas sehari-hari dapat dimulai dari ibadah tersebut. Bahkan, sholat Dhuha menjadi salah satu jalan untuk menghapus dosa seseorang karena di dalam doanya tersurat minta ampun kepada Allah SWT. Oleh karena itu, ibadah sunah ini jangan pernah Anda tinggalkan agar Anda mendapatkan keberkahan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Sholat Dhuha jangan hanya dijadikan ritual rutinitas sehari-hari saja. Anda harus benar-benar melaksanakannya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tuntunan yang sudah disyariatkan. Selain itu, saat menjalankan sholat Dhuha harus disertai perasaan tulus ikhlas dari dalam hati, sehingga ibadah yang dilakukan tidak sia-sia. Jangan hanya melakukan sholat Dhuha hanya ingin dilihat orang lain. Akan menjadi sia-sia melakukan ibadah seperti itu karena akan menjadi riya dan tidak disukai oleh Allah. Agar sholat Dhuha yang Anda lakukan setiap hari lebih bermakna dan berharap mendapatkan pahala dari Allah, Anda bisa memanjatkan doa setelah sholat Dhuha yang baik dan benar. Sebuah doa yang khusus untuk sholat Dhuha yang isinya berkaitan dengan kebaikan dan manfaat untuk diri sendiri.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa setelah sholat Dhuha tentu berbeda dengan doa-doa dari sholat sunah yang lain. Doa tersebut sudah dituntunkan sekaligus dicontohkan oleh Rasulullah SAW saat melaksanakan sholat Dhuha atau sholat fajar. Maka dari itu, sebagai Muslim sudah sepaptutnya Anda untuk mempraktekkan hal sama seperti yang dilakukan oleh Rasulullah. Dengan begitu, Anda bisa berbangga diri karena mampu meneladani apa yang dicontohkan dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sementara itu, bacaan dari doa setelah sholat Dhuha yang bisa lafalkan adalah Berikut Lafadh Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Bahasa Arab, Latin Lengkap Terjemahannya.

 اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الْغَفُورُ

“Robbigh-firlii watub ‘alayya innaka antat- tawwaabul ghofuur”. 

Artinya, “Ya Allah ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha menerima taubat dan mengampuni”. (Hadist Riwayat Turmidzi No. 3356). Sedangkan inti dari doa ini adalah memohon ampunan kepada Allah karena Allah adalah Tuhan yang akan menerima taubat setiap makhluk ciptaanNya.

Dengan melaksanakan sholat Dhuha, Anda dapat memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa ataupun kesalahan yang diperbuat, baik disengaja maupun tidak disengaja. Doa semacam itu menjadi sesuatu yang perlu untuk dipanjatkan karena kita semua sebagai manusia biasa tentu banyak melakukan kesalahan dan dosa. Dengan memohon ampun kepada Allah, semoga dosa-dosa kita dapat terampuni. Oleh karena itu, ibadah seperti sholat Dhuha sudah seharusnya Anda lakukan disertai doa setelah sholat Dhuha yang dipanjatkan, seperti ditulis di atas. Silakan untuk dihapalkan dan dilafalkan dalam setiap sholat Dhuha setiap hari yang Anda lakukan. Lebih bermanfaat dan berkesan lagi jika ilmu tentang doa sholat Dhuha ini Anda ajarkan kepada saudara ataupun teman.


Ya, itulah tadi penjelasan serangkaian doa setelah sholat Dhuha yang bisa kami informasikan agar sholat dhuha anda lebih afdhol dan diridhoi Allah.

Doa Setelah Sholat Dhuha Yang dapat Menghapus Dosa Kita Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina