Rabu, 16 Maret 2016

Doa Sholat Dhuha Untuk Memperlancar Rezeki

Tata Cara dan Do'a Menjalankan Sholat Dhuha _ Doa sholat Dhuha hendaknya dipelajari untuk kebaikan dalam melaksanakan ibadah sunah setiap hari. Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang dikerjakan pada waktu Dhuha, yaitu setelah matahari terbit hingga menjelang siang hari. Sholat Dhuha minimal dikerjakan 2 rakaat, meskipun ada juga orang-orang yang mengerjakan hingga 4 rakaat. Selain itu, Dhuha dikerjakan dengan rakaat genap seperti 2 rakaat hingga 12 rakaat. Cukup banyak manfaat dan keistimewaan sholat Dhuha yang dapat diraih bagi mereka yang mengerjakannya. Selain mendapatkan pahala dari Allah, beberapa ulama berpendapat sholat Dhuha bisa melancarkan rezeki setiap hari. Bagi mereka yang mempercayainya tentu tidak akan menyia-siakan kesempatan ini dengan hanya meluangkan waktu 10 – 15 menit untuk melaksanakan sholat Dhuha.

Bagi Anda sekalian yang masih awam mengenai sholat Dhuha tentu membutuhkan informasi yang lebih lengkap dan valid terkait pelaksanaan sholat sunah yang satu ini. Terutama dari niatnya, bacaan sholatnya terutama surat pendek yang dianjurkan, dan doa sholat Dhuha yang dipanjatkan setelah melakukan ritual ibadah ini. Semua itu akan sedikit diinformasikan di sini bagi Anda sekalian agar lebih paham dalam pelaksanaan sholat Dhuha.

Niat untuk sholat Dhuha cukup Anda baca dan mantapkan di dalam hati. Tidak sedikit ulama yang meyakini bahwa niat sebelum shalat atau ibadah lainnya tidak perlu dilafalkan dalam lisan, tetapi cukup di dalam hati. Hal itu dikarenakan setiap ibadah tentu harus dilakukan dengan rasa ikhlas dari dalam hati. Percuma jika dilakukan dengan terang-terangan dan untuk dilihat banyak orang. Seperti itu hanya terkesan melakukan ibadah dengan pamer. Silakan Anda sekalian introspeksi untuk menuju perubahan ke arah yang lebih baik sebagai umat Islam.

Doa Sholat Dhuha

Selanjutnya, surat pendek yang dianjurkan untuk dibaca, yaitu surat Asy Syamsi, Ad Dhuha, Al Kafirun, dan Al Ikhlash. Silakan untuk dipilih untuk keutamaan sholat Dhuha. Namun jika Anda belum hafal dengan keempat surat pendek tersebut, tidak ada salahnya untuk membaca surat pendek lainnya yang sudah dihafal. Dengan begitu, Anda pun bisa melaksanakan sholat Dhuha setiap hari dengan tenang, tanpa kesulitan, dan pastinya merasa khusyuk agar bisa diterima ibadahnya oleh Allah SWT.

Doa shoat Dhuha menjadi salah satu yang dianjurkan untuk dipanjatkan saat melaksanakan ibadah sunah ini. Silakan untuk dipanjatkan setelah selesai melakukan sholat Dhuha. Doa sholat Dhuha menjadi pembeda dengan ibadah sholat yang lainnya. Doa ini khusus dipanjatkan pada saat sholat Dhuha. Biasanya, mereka memanjatkannya setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha. Berikut adalah doa ketika sholat dhuha yang bisa Anda jadikan hapalan.
  • Bacaan niat sholat dhuha
 اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

"Usholli sunnatad dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala".

Artinya : Aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.
  • Doa setelah sholat dhuha
اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ 

“Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wa ‘ishamata ‘ishmatuka. Allaahuma inkaana rizqii fis-sammai fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhriju, wa inkaana mu’assaran fayassirhu, wa inkaana harooman fathahhirhu, wa inkaana ba’iidan fa qarribhu, bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika, wa jamaalika wa quwwata wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shoolikhiin.”

Artinya, “Ya Allah sesungguhnya waktu Dhuja adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah jika berada di dalam bumi maka keluarkan, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika jauh dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, kekuasan-Mu wahai Tuhanku datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambamu yang sholeh”.


Itulah doa sholat Dhuha yang bisa Anda amalkan setelah melakukan ibadah sunah ini. Jika belum hapal, tidak ada salahnya untuk dibaca dari tulisan di atas kertas. Bahkan, Anda pun bisa menyimpan doa ini di dalam gadget yang biasa Anda bawa saat beraktivitas sehari-hari, sehingga lebih praktis. Jangan lupa untuk mengerjakan sholat dhuha dan juga memanjatkan doa yang diajarkan supaya ibadah duha Anda lebih afdol.

Doa Sholat Dhuha Untuk Memperlancar Rezeki Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina