Minggu, 13 Maret 2016

Doa Untuk Kedua Orang Tua Sesudah Sholat

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua ibu dan Bapak _ Doa untuk kedua orang tua sudah biasa diajarkan di sekolah-sekolah sebagai doa yang dipanjatkan setelah selesai sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunah. Anda mungkin masih menghapalnya hingga sekarang. Mulai dari anak-anak ketika di sekolah dasar, mungkin Anda sudah diajarkan doa tersebut. Terlebih lagi bagi sekolah yang berada dibawah lembaga keislaman mungkin akan lebih gencar lagi mengajarkan doa-doa untuk anak didiknya, tak terkecuali untuk kedua orang tua. Doa kedua orang tua ini cukup pendek, sehingga mudah untuk menghafalnya. Oleh karena itu, cocok untuk diberikan sebagai hafalan untuk mereka yang masih berusia anak-anak. Doa untuk kedua orang tua dapat Anda lafalkan setiap waktu. Terutama setelah melakukan ibadah sholat wajib atau sunah setiap hari untuk kebaikan kedua orang tua.

Doa untuk kedua orang tua menjadi jaminan bagi kita semua yang ingin agar orang yang telah melahirkan sekaligus membesarkan tersebut mendapatkan ridho dari Allah SWT. Orang tua yang masih hidup sangat baik untuk selalu didoakan karena juga merupakan salah satu kewajiban anak-anak untuk mendoakan kedua orang tuanya. Sementara jika orang tuanya sudah meninggal dunia, doa yang dipanjatkan bahkan harus lebih rutin agar kehidupan di akhirat mereka lebih baik dan mendapatkan tempat yang baik di sana. Itulah substansi dari doa-doa yang Anda sekalian panjatkan untuk orang tua masing-masing. Oleh karena itu, silakan untuk selalu mendoakannya setiap waktu, khususnya setelah melaksanakan sholat.

Di sini akan diinformasikan doa untuk kedua orang tua yang bisa Anda panjatkan dan dipraktikkan setiap hari. Anda bisa membaca lafalnya sekaligus artinya agar lebih memahami makna yang terkandung di dalamnya. Jangan lupa untuk memahami makna yang tersirat di dalamnya. Dengan begitu, Anda pun dapat melantunkan doa tersebut secara tulus ikhlas. Tentu saja Allah SWT akan memberikan pahala dan mengabulkan dari hamba-hamba-Nya yang berdoa dengan ikhlas. Untuk lebih jelasnya, inilah doa untuk orang tua yang bisa jadikan hapalan sehari-hari. 

Doa Untuk Kedua Orang Tua

 اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII'IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU'MINIINA WAL MU'MINAATI AL AHYAA'I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI' BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL 'ALIYYIL ADHIIMI.  

Artinya : Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Rasulullah SAW telah mengajarkan doa tersebut secara turun temurun hingga sekarang melalui hadist-hadist yang dapat dipelajari dari berbagai sumber yang shohih atau valid. Dengan begitu, umat Islam di zaman sekarang juga masih dapat mencontoh dan meneladani Rasulullah perihal menyayangi kedua orang tua dengan memanjatkan doa untuk mereka. Rasulullah juga memiliki ayah dan ibu seperti kita semua. Oleh karena itu, Rosululloh juga berkewajiban untuk mendoakan kedua orang tuanya.

Menghormati dan menyayangi orang tua dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara-cara dengan kegiatan yang nyata atau kasat mata, seperti membantu pekerjaannya, menyiapkan keperluannya sehari-hari, mengantarkan saat ingin bepergian, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda pun dapat melakukan cara-cara yang tidak kasat mata. Salah satunya, yaitu mendoakan kedua orang tua setiap waktu untuk kebaikan dan keselamatannya. Orang tua yang Anda cintai dan kasihi pasti juga akan sama dicintai oleh Allah jika selalu didoakan.


Rasulullah sudah mengajarkan, maka kita semua sebagai umat beliau juga wajib mengamalkannya. Pasalnya, apa yang dicontohkan oleh Rasulullah tentu memiliki kebaikan dan manfaat yang luar biasa, baik saat hidup di dunia ini atau kelak di akhirat. Setelah membaca uraian singkat ini, semoga Anda bisa segera mengamalkan ibadah yang satu ini, yaitu melafalkan doa untuk kedua orang tua.

Doa Untuk Kedua Orang Tua Sesudah Sholat Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina