Selasa, 29 Maret 2016

Lafadz Doa Sesudah Sholat Tahajud Yang Benar dalam Islam

Doa Sesudah Sholat Tahajud _ Sebagai umat Muslim, sholat merupakan sebuah ibadah wajib yang harus kita dirikan sebagai tiang dalam agama. Namun tak hanya sholat lima waktu saja yang terdiri dari sholat subuh, dhuhur, ashar, magrib dan isya, adapula berbagai macam sholat sunnah yang menjadi bisa menjadi salah satu ibadah untuk menguatkan keimanan kita kepada Islam dan Allah Ta’ala. Sholat sunnah ada banyak macamnya, salah satunya adalah sholat dalam sepertiga malam atau disebut juga sholat tahajud lengkap dengan doa sesudah sholat tahajud. Doa sesudah sholat tahajud memiliki makna kurang lebih berisi pujian bagi Allah SWT dan juga memohonkan ampunan atas dosa-dosa yang telah kita lakukan dan juga yang akan datang.

Sholat ini dilakukan dalam sepertiga malam. Ada tiga batasan waktu sepertiga malam dimana sholat sunnah tahajud biasanya dilakukan. Seperti pada jam 8 hingga jam 11 malam, jam 11 hingga jam 1 malam, dan yang terakhir adalah jam 1 hingga jam 3 malam menjelang sholat subuh. Tiga batasan waktu tersebut memiliki keutamaannya masing-masing. Dari tiga batasan waktu tersebut, sholat pada jam 1 hingga jam 3 malam memiliki keutamaan yang paling tinggi.

Doa sesudah sholat tahajud merupakan salah doa tahajud yang menjadi salah satu bacaan yang membedakan sholat tahajud dengan sholat sunnah lainnya. Dalam sholat tahajud adapula perbedaan lainnya yang cukup penting yang patut untuk diperhatikan. Meskipun sholat tahajud merupakan sholat yang dilaksanakan pada sepertiga malam setiap harinya, namun jika kita melaksanakan sholat tahajud pada waktu tersebut tanpa tidur terlebih dahulu atau dalam keadaan begadang, maka sholat tersebut tidak bisa dikatakan sebagai sholat sunnah tahajud.

Doa Sesudah Sholat Tahajud

Ada yang berpendapat bahwa sholat ini merupakan sholat sunnah witir jika dilakukan tanpa tidur terlebih dahulu. Poin penting dalam sholat tahajud adalah perjuangan kita bangun dari tidur pada jam-jam atau waktu-waktu tersebut untuk menunaikan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Mengalahkan rasa kantuk dan berat meninggalkan tidur untuk sholat sunnah menjadi amalan tersendiri dalam menunaikan sholat sunnah tahajud.

Sholat tahajud dilakukan dalam dua rakaat. Dua rakaat yang dimaksud disini adalah jumlah minimal rakaat dalam sholat sunnah tahajud. Jadi, bagi yang ingin menunaikan lebih dari dua rakaat tentunya boleh-boleh saja namun harus kelipatan dari dua rakaat tersebut. Misalnya 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat dan seterusnya. Selain itu, sholat yang dilaksanakan lebih dari dua rakaat tetap harus mengucapkan salam di rakaat kedua, barulah menjalankan rakaat selanjutnya begitu terus menerus. Adapun doa sesudah sholat tahajud yang secara khusus dibaca dalam keadaan khusyuk dan tenang serta hati yang tulus setelah mengucapkan salam pada rakaat terakhir. Doa inilah yang menjadi inti dan perbedaan lainnya dalam sholat tahajud dan sholat sunnah lainnya dalam ajaran Islam. 

Karenanya, pada saat rekan-rekan melakukan sholat malam (tahajjud) sebaiknya berdoa yang baik-baik dengan khusu'. Rekan-rekan tak perlu bingung bagaimana bacaan doanya, lantaran pada halaman ini kita bakal tekuni berbarengan mengenai lafadz doa bhs arab sesudah sholat tahajud (sholat sunnah malam), lengkap tulisan latin serta terjemahannya. Silahkan dikaji lafadnya berikut ini.

Doa Setelah Sholat Tahajud dalam Bahasa Arab Lengkap

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

    Artinya :
    “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Berikut ini makna kurang lebihnya doa yang dibaca seusai sholat tahajud:

“Ya Allah ya Rabb, segala puji bagiMu yang mengurus bumi dan langit lengkap beserta isinya, kerajaan bumi dan langit adalah milikMu, Surga dan nerakaMu benar adanya, MalaikatMu benar adanya, FirmanMu benar ya Allaj, Nabi-nabi benar utusanMu, Muhammad benar pula utusanMu ya Allah. Segala puji bagiMu tuhan pencipta semesta alam, janji-janjiMu benar ya Rabb. Engkaulah satu-satunya Tuhanku, Rabbku. Hanya kepadaMu hamba memohon ampunan. Ampunilah dosa-dosa ham yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah maha pengampun, hanya kepadaMu hamba bertaubat. Segala puji bagiMu ya Rabb Tuhan yang paling hak untuk hamba sembah”.


Demikian makna bacaan dari doa sesudah sholat tahajud yang biasa dibaca seusai melaksanakan sholat sunnah tahajud. Adapun doa ini biasa dibaca atau diucapkan setelah salam dalam menggunakan bahasa Arab. Namun jika sulit dalam menghafalkannya, menggunakan bahasa Indonesia pun tidak masalah. Yang penting adalah niatan yang baik, hati yang tulus dan doa yang khusyuk. Allah maha mendengar dan akan mengabulkan doa kita, Insha Allah.

Lafadz Doa Sesudah Sholat Tahajud Yang Benar dalam Islam Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina