Minggu, 03 April 2016

Bacaan Niat Puasa Idul Adha dan Hukumnya

Niat Puasa Idul Adha _ Berpuasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh kita sebagai umat Muslim setiap tahunnya, puasa tersebut adalah puasa wajib di bulan Ramadhan sebelum hari raya Idul Fitri. Namun selain puasa wajib tersebut, adapula puasa lainnya yang dilaksanakan menjelang hari Idul Adha. Puasa ini memang tidak sepopuler puasa menjelang Idul Fitri atau pada bulan Ramadhan. Namun ganjaran bagi umat yang melaksanakannya dengan niatan ibadah dan hati yang tulus tidak main-main oleh Allah SWT. Niat puasa Idul Adha yang baik diganjar banyak paham dan ampunan dari Allah.

Sebenarnya puasa Idul Adha tidak sama seperti puasa bulan Ramadhan. Ada beberapa nama puasa secara khusus dilihat dari dihari keberapakah puasa tersebut dijalankan menjelang hari Idul Adha. Tentunya dari berbagai waktu atau hari dilaksanakannya yang berbeda-beda itu memiliki ganjaran amal yang berbeda-beda pula yang dijanjikan oleh Allah.

Niat puasa Idul Adha ada tiga macam tergantung dengan waktu dilaksanakannya puasa sunnah tersebut. Ada puasa dzulhijjah di tanggal 1 hingga 8, puasa tarwiyah dan juga puasa arafah. Ada beberapa penjelasan mengenai hal tersebut. Namun dilihat dari bacaan niat puasa Idul Adha juga berbeda-beda berdasarkan waktu dari pelaksanaan ibadah puasa tersebut. Berikut ini adalah bacaan-bacaan niat berpuasa dalam bulan dzulhijah:

Niat Puasa Idul Adha

•       Tanggal 1 hingga tanggal 7 dzulhijah setiap tahunnya merupakan puasa paling awal yang boleh diamalkan oleh umat Islam. Hendaknya makan sahur seperti berpuasa biasa dan membaca niat:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma syahri dzilhijjati sunnatan lillahita’alaa” 

Artinya : Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

•       Selanjutnya adalah puasa sunnah pada tanggal 8 dzulhijjah. Pada tanggal ini, bagi kita umat Islam yang ingin melaksanakannya dianjurkan untuk membaca niat berpuasa: 

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

nawaitu shaumat tarwiyata sunnatan lillahita’alaa”

Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Puasa pada tanggal 8 dzulhijjah juga disebut juga sebagai puasa sunnah tarwiyah.

•       Sedangkan yang terakhir adalah puasa arafah yang dilaksanakan pada tanggal 9 dzulhijjah adalah puasa yang terakhir yang dilaksanakan pada bulan dzulhijjah. Bagi yang ingin melaksanakan puasa ditanggal ini atau puasa sunnah arafah maka sebaiknya membaca niat dengan sepenuh hati yang berbunyi: 

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ‘arofata sunnatan lillaahita’alaa”

Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala 

Niat Puasa Idul Adha tadi baiknya diucapkan dengan hati yang tulus dan khusyuk. Sebaiknya buang jauh-jauh perasaan sombong atau berbangga diri karena kita melaksanakan puasa sunnah dzulhijjah. Kita harus fokus untuk berniat beribadah hanya kepada Allah saja tanpa niatan selain itu. Nabi Muhammad bahkan pernah berkata bahwa tidak ada amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah SWT melebihi amalan sholeh yang dilakukan umatnya pada 10 hari pertama bulan dzuhijjah. Kemudian saat itu para sahabat nabi pun menjawab “ tidak pula jihad di jalan Allah?” Namun Nabi menjawab bahwa tidak pula jihad di jalan Allah kecuali hamba yang berjihad dengan membawa segenap jiwa dan harta yang ia miliki namun tidak ada satupun dari keduanya kembali.

Selain itu, ganjaran untuk orang yang berpuasa arafah juga sudah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau berkata bahwa orang yang melaksanakan puasa sunnah arafah yaitu puasa yang dilaksanakan di tanggal 9 dzulhijjah akan diampuni dosa-dosanya yang dilakukan di satu tahun sebelumnya bahkan diampuni pula dosa-dosanya di tahun selanjutnya oleh Allah SWT.


Demikian bacaan niat puasa Idul Adha dan penjelasan mengenai amalannya yang semoga bisa memotivasi kita untuk selalu bersemangat melakukan ibadah sholat hingga puasa sunnah dengan tujuan ibadah kepada Allah Ta’ala semata. Semoga ibadah kita di bulan Dzulhijjah selanjutnya akan menjadi semakin baik dan lebih baik lagi dari bulan dzulhijah tahun sebelumnya.

Bacaan Niat Puasa Idul Adha dan Hukumnya Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina