Rabu, 06 April 2016

Bacaan Niat Shalat Hari Raya Idul Fitri Beserta Artinya

Niat Shalat Idul Fitri yang Benar _ Setelah berpuasa Ramadhan selama satu bulan, menahan haus dan juga lapar umat Muslim kemudian merayakan kemenangannya dengan melaksanakan shalat Idul Fitri.  Shalat Idul Fitri dilaksanakan setiap tahun Hijriyah pada tanggal 1 Syawal. Idul Fitri merupakan ibadah yang paling dinantikan oleh semua orang Islam, karena ketika Idul Fitri semua akan bergembira dan saling maaf memaafkan. Shalat Idul Fitri juga merupakan sebuah ajaran yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW, oleh karena itu sebagai bukti cinta kita pada Rasulullah kita juga mengikuti Beliau melaksanakan shalat Idul Fitri. Ketika hendak melaksanakan shalat Idul Fitri, maka kita harus punya niat shalat Idul Fitri yang baik.  Niatkan amalan kita untuk mendapat pahala-Nya, bukan pujian dari manusia. Niat shalat Idul Fitri yang baik intinya yaitu melaksanakan shalat Idul Fitri hanya karena Allah semata, buka karena ingin dipuji orang lain ataupun sekedar ikut dengan teman.

Dalam melaksanakan shalat Idul Fitri, agar niatnya selalu lurus untuk mencari keridhaan Allah semata maka ada orang yang melafadzkan niat tersebut dan ada pula yang cukup meniatkannya dalam hati. Keduanya punya dasar sendiri-sendiri, yang penting niatkan setiap amalan kita hanya untuk Allah, bukan untuk dipuji bukan pula hanya sekedar ikut teman karena kita akan memperoleh balasan sesuai dengan apa yang kita niatkan. Jadi, sangat disayangkan jika kita sudah melakukan suatu amalan namun kita tidak mendapatkan pahala dari amalan kita hanya karena niat hati yang salah.

Niat Shalat Hari Raya Idul Fitri
  • Tata Cara Melaksanakan Shalat Sunnah Idul Fitri Dan Shalat Sunnah Idul Adha  
1. Pada pagi hari tanggal 1 Syawal, sesudah kita menunaikan shalat subuh dan sesudah kita mandi sunah Hari Raya, lalu berangkatlah menuju masjid atau tanah lapang dengan memperbanyak mengucapkan takbir.

2. Setelah tiba di masjid, maka sebelum duduk shalat tahiyatul-masjid dua rakaat. Kalau ditanah lapangan tidak ada tahiyatul-masjid, hanya duduklah dengan ikut mengulang-ulang bacaan takbir, sampai mulai shalat Id itu.

3. Pada rakaat pertama : Sesudah niat mula-mula membaca takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, selanjutnya takbir 7 kali dan setiap habis takbir disunahkan membaca : 

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

 "Subhaanallahi wal-hamdu lillaah wa laa ilaaha illallah wallaahu akbar".

Artinya : Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar.

Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih tersebut. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan disambung dengan membaca surat yang disukai, dan lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al-A'la (Sabbihisma Rabbikal-a'laa).

4. Pada raka'at kedua, sesudah berdiri untuk raka'at kedua membaca takbir 5 kali, dan setiap takbir disunahkan membaca tasbih seperti pada raka'at pertama. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan bacaan surat yang kita kehendaki, tetapi lebih utama membaca surat Al- Ghayiah. Bacaan itu dengan suara yang nyaring. Imam menyaringkan yakni mengeraskan suaranya pada waktu membaca surat Al-FATIHAH dan surat- surat lainnya, sedangkan makmum tidak nyaring.

5. Shalat ini dikerjakan dua raka'at dan dilakukan sebagaimana shalat-shalat lainnya

6. Khutbah dilakukan sesudah shalat 'Id dua kali, yaitu pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada khutbah kedua membaca takbir 7 kali dan pembacaannya harus berturut-turut.

7. Hendaknya dalam khutbah 'Idul Fitri berisi penerangan tentang zakat fitrah dan pada hari raya Haji / Qurban berisi penerangan tentang ibadah haji dan hukum kurban.

Hal-hal Yang Dilakukan Sebelum Shalat 'I'd

1. Pada hari raya disunnahkan mandi, dan berhias dengan memakai pakaian yang sebaik-baiknya dan menggunakan wangi-wangian yang dimilikinya.

2. Disunahkan makan sebelum pergi shalat pada hari 'Idul Fitri, tetapi pada hari Haji disunahkan tidak makan kecuali setelah shalat.

3. Pergi untuk mengerjakan shalat dan pulangnya dari shalat hendaknya mengambil jalan yang berlainan.

4. Takbiran

Pada hari raya Fitrah dan Haji disunahkan membaca takbir di luar shalat dan waktunya sebagai berikut :
  • Pada hari raya Fitrah takbir dimulai dari terbenamnya matahari hingga imam berdiri untuk mengerjakan shalat hari raya.
  • Pada hari raya Haji takbir dimulai dari subuh pada hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) dan pada tiap-tiap shalat fardhu yang lima waktu pada hari-hari tanggal tersebut.
Lafazh Takbiran :

    Allaahu akbar Allaahu Akbar Allaahu Akbar. Laa ilaaha illallahu wallaahu akbar. Allaahu Akbar wa lillaahil-hamdu (3x). Allaahu Akbar kabiiraw wal-hamdu lillaahi katsiiraa wa subhaanallaahi bukrataw wa ashiilaa. Laa ilaaha illallaahu wa laa na'budu illaa iyyaahu mukhlishiina lanud-diina wa lau karihal- kaafiruun. Laa ilaaha illallaahu wahdahu shadaqa wa'dahu wa nashara 'abdahu wa a'azza jundahu wa hazamal-ahzaaba wahdah. Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu Akbar wa lillaahil-hamdu.

    Artinya :
    ''Allahu Maha Besar (3x). Tidak ada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar dan segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar dan Maha Agung dan segala puji bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang, tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang kami sembah kecuali hanya Allah, dengan ikhlash kami beragama Kepada-Nya, walaupun orang- orang kafir membenci. Tidak ada Tuhan melainkan Allah sendiri-Nya, benar janji-Nya, dan Dia menolong akan hamba-Nya, dan Dia mengusir musuh nabi-Nya dengan sendiri-Nya, tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar Allah Maha Besar dan bagi-Nya segala puji.''

Bacaan niat shalat Idul Fitri, bagi mereka yang lebih yakin jika niat dilafadzkan akan membuat hati lebih tenang dan membuat niat hati lebih terjaga dapat di bagi menjadi dua berdasarkan posisi ketika shalat. Jika ketika shalat seseorang bertindak sebagai imam, bacaan niatnya sebagai berikut:

Niat Sholat Sunah Idul Fitri sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

“usholli sunnata ‘iidhil fitri rok ’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahita ’aala”.

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Sementara jika seseorang bertindak sebagai makmum bacaan niatnya:

Niat Sholat Sunah Hari Raya Idul Fitri sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً  عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

“usholli sunnata ‘iidhil fitri rok ’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillahita ’aala”. 

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala.

Bagi Anda yang ingin menggunakan niat tersebut ketika shalat Idul Fitri, maka sebelum berangkat shalat Anda sebaiknya sudah menghafalkan niatnya di rumah terlebih dulu. Cara menghafal di rumah bisa dengan sambil memutarkan rekaman niat, kemudian mengulanginya kembali secara konsisten. Cara lain bisa pula dengan meminta bantuan orang lain untuk menyimak hafalan Anda, dan yang penting lakukan hafalan secara konsisten.

Sementara bagi orang yang lebih yakin bahwa niat niatnya tidak perlu dilafadzkan cukup dalam hati meniatkan diri bahwa tujuannya melaksanakan shalat hanya untuk menari ridho Allah semata. Karena niat itu letaknya dalam hati, maka hati ini harus kita jaga agar niatnya selalu benar, melakukan sebuah amalan hanya karena Allah saja. Dan sebenarnya inti dari niat shalat Idul Fitri baik yang niatnya dilafadzkan ataupun tidak semuanya sama, intinya dia melaksanakan shalat hanya untuk mencari pahala Allah, bukan sekedar ikut teman ataupun mencari pujian orang.


Idul Fitri merupakan sebuah hari raya besar bagi setiap Muslim. Maka sebagai wujud rasa syukur kita pada Allah kita seharusnya mengisi hari tersebut dengan melaksanakan shalat Idul Fitri sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah, bukan malah berpesta hingga lupa tidak melaksanakan shalat Idul Fitri. Dalam melaksanakan shalat, kita harus punya niat kita harus punya niat shalat Idul Fitri yang baik, yaitu untuk melaksanakan perintah Allah dan mencari keridhoannya semata.

Bacaan Niat Shalat Hari Raya Idul Fitri Beserta Artinya Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina