Senin, 02 Mei 2016

Apa Saja Hal Yang Membatalkan Puasa

Hal Yang Membatalkan Puasa _ Sebagai seorang Muslim yang taat, kita diberikan beberapa aturan dan perintah yang wajib untuk dilaksanakan. Diantara sekian banyak perintah yang wajib dilaksanakan adalah perintah untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Bahkan perintah berpuasa di bulan Ramadhan tertulis dalam ayat Al Qur’an yaitu surat Al Baqarah ayat 183 yang kerap kita dengar di setiap kultum pada bulan Ramadhan. Selama 1 bulan penuh kita berpuasa menahan hal yang membatalkan puasa yang menjadi penyebab puasa kita menjadi batal dan berkurang nilai pahalanya. Hal yang membatalkan puasa adalah penyebab dari batalnya puasa seseorang karena minum dan makan dengan sengaja dan penyebab lain yang membatalkan puasa.

Bukan hanya haus dan lapar yang harus ditahan mulai dari waktu imsak sampai dengan Maghrib, namun segala bentuk hawa nafsu seperti emosi, amarah dan nafsu lainnya juga harus ditahan. Semua itu dilakukan untuk membentuk kembali jiwa kita yang fitri atau suci di hari lebaran Idul Fitri setelah selesai berpuasa selama 1 bulan penuh. Walau terlihat ringan, namun ibadah puasa ini merupakan salah satu ibadah yang paling berat. Ada beberapa hal yang harus kita hindari untuk menjadikan puasa kita menjadi lebih afdhol dan tidak berkurang nilai ibadahnya. Kali ini, kami akan membahas mengenai hal-hal yang akan mengurangi atau hal yang membatalkan puasa seseorang.

Apa Saja Hal Yang Membatalkan Puasa
  • Hal pertama yang bisa membuat puasa kita menjadi batal adalah makan dan minum, atau dengan sengaja memasukkan sesuatu ke dalam lubang tubuh. Namun, makan dan minum bisa dimaafkan jika tanpa sengaja atau terlupa jika kita tengah menjalankan ibadah puasa. 
  • Hal yang kedua yang bisa membuat puasa menjadi batal adalah berhubungan suami istri pada bulan Ramadhan. Hubungan itu akan membatalkan puasa jika dilakukan pada siang hari dengan sengaja atau sadar. Selain itu, melakukan hubungan badan di siang hari pada bulan Ramadhan akan dikenakan kifarat sesuai dengan aturan yang telah diajarkan oleh agama Islam.
  • Hal ketiga yang akan membatalkan puasa adalah melakukan pengobatan dengan memasukkan obat melalui kemaluan atau dubur, sehingga dikhawatirkan akan masuknya sesuatu ke dalam salah satu dari lubang tersebut. 
  • Hal keempat yang akan membuat puasa kita menjadi batal adalah muntah dengan sengaja. Hal ini tidak berlaku jika kita muntah karena tidak sengaja atau karena sakit. Muntah dengan sengaja maka wajib bagi kita untuk mengganti puasa di lain hari, berbeda dengan yang muntah karena sakit maka puasanya tetap dianggap sah.
  • Hal kelima yang akan membuat puasa menjadi batal adalah keluarnya air mani dari kemaluan, dalam hal ini adalah dengan melakukan masturbasi dengan sengaja atau dengan menggunakan perantara seperti sentuhan istri maka hal tersebut tetap membatalkan puasa. Bagaimana dengan mimpi basah pada siang hari di bulan Ramadhan? Maka puasa Ramadhan kita akan tetap sah, karena air mani dikeluarkan tanpa sengaja. 
  • Hal keenam yang akan menjadi pembatal puasa adalah haid dan nifas. Setiap bulan wanita akan mengalami masa menstruasi. Saat masa ini tiba ketika bulan puasa maka puasa wanita tersebut akan batal. Diwajibkan bagi wanita untuk mengganti puasa Ramadhan di lain hari sesuai dengan berapa lama ia mengalami masa menstruasi atau nifas.
  • Hal ketujuh yang menjadi penyebab batalnya puasa adalah hilangnya kesadaran atau tidak waras. Oleh karena itu seseorang yang hilang akal tidak diwajibkan untuk berpuasa. 
  • Dan yang terakhir yang membuat puasa menjadi batal adalah keluar dari agama Islam atau murtad. Tidak ada kewajiban bagi non Islam untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Demikianlah beberapa hal yang membatalkan puasa yang menjadi penyebab batalnya puasa seseorang di bulan Ramadhan. Semoga ke depannya kita menjadi lebih baik dalam menjalankan ibadah ini.

Apa Saja Hal Yang Membatalkan Puasa Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina