Sabtu, 11 Juni 2016

Inilah Niat Mandi Wajib Bagi Wanita Sesuai Ajaran Islam

Niat mandi wajib bagi seorang wanita Muslim yang sedang mengalami hadast besar berupa darah yang keluar dari faraj atau organ kemaluan wanita, yaitu berupa tiga macam, antara lain darah haid, darah nifas, dan darah istihadhah hukumnya wajib untuk dilakukan. Ketiga perkara tersebut sangat perlu untuk dihilangkan setelah kaum wanita mengalaminya, yaitu dengan melakukan mandi wajib wanita. Mandi wajib adalah suatu bentuk kewajiban bersuci dari hadast besar yang menimpa. Hal ini perlu dilakukan supaya mengembalikan kesucian dari seorang wanita seperti saat sebelum mengalami hadast besar. Nah, di bawah ini telah kami sertakan mengenai masing-masing pengertian hadast besar yang sering dialami wanita beserta tata cara mandi besarnya. Niat mandi wajib bagi wanita yang akan melakukan mandi wajib setelah selesai dari masa haid, nifas dan istihadhah hukumnya wajib untuk dilakukan, meskipun tak perlu dikeraskan.

Niat Mandi Wajib Bagi Wanita

Niat mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar darah haid pada seorang wanita hendaklah dilakukan pada saat mandi besar dengan meniatkan lafadz.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu ghuslal lirof'il hadastil haidhi lillaahi ta'aalaa," 

Yang Artinya "hamba berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar haid karena Allah." 

Darah haid yakni darah yang keluar dari rahim wanita ketika ia sehat memalui faraj, bukan karena melahirkan dan bukan pula pecahnya kulit perawan. Umumnya terjadi sejak wanita mulai baligh, lebih kurang pada usia sembilan sampai dengan tiga belas tahun, hingga usia berhenti haid. Warna darah haid merah kekuning-kuningan dan keruh, atau pertengahan antara hitam dan putih. Masanya enam atau tujuh hari, dan paling lama lima belas hari.

Adapun tata cara sesuai ajaran Islam untuk membersihkan pakaian yang terkena noda darah haid akan kami bahas berikut ini. Cara membersihkan pakaian dari darah haid yaitu dengan membuang atau mengikis darah yang melekat pada pakaian tersebut. Kemudian cuci dengan air bersih. Bila meninggalkan bekas noda tidak membatalkan thaharah. Nabi Muhammad pernah bersabda "cucilah dengan mempergunakan air yang bersih, dan bekasnya tak akan membatalkan padamu." (Diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud).

Niat mandi wajib untuk menghilangkan hadast besar darah nifas.  Darah nifas ialah darah yang keluar dari qubul wanita sesudah melahirkan. Tidak ada batasan lamanya masa nifas, dan paling lama empat puluh hari. Apabila seorang wanita melahirkan tanpa darah, atau langsung berhenti dalam sekejab, maka habis pulalah masa nifasnya, dan wajiblah dia melaksanakan tugas-tugas atas setiap wanita yang suci, seperti mandi besar dengan mengucapkan kalimah ini sebagai niatannya, yaitu.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu ghuslal lirof'il hadastin nifaasi lillaahi ta'aala"

Yang artinya adalah "Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar nifas karena Allah semata."

Mandi wajib juga perlu dilakukan untuk menghilangkan hadast besar karena darah istihadhah. Darah istihadhah adalah darah yang mengalir keluar melalui bawah rahim wanita tidak pada waktu haid ataupun nifas secara terus menerus. Hukum yang berlaku untuk wanita istihadhah ialah apabila sebelumnya ia mengalami masa haid yang teratur dan masih mengingatnya, maka berdasarkan kebiasaan tersebut dia menentukan masa haidnya sekarang. Namun bila sebelumnya tidak teratur, atau teratur tapi lupa, maka dia harus memperhatikan darah yang keluar. Bila tampak kehitam-hitaman itulah masa haidnya, dan setelah berhenti yang kehitam-hitaman tersebut hendaklah segera mandi besar dan melakukan sebagaimana wanita yang suci.


Demikianlah uraian mengenai niat mandi wajib beserta perkara-perkara yang mengikutinya bagi seorang muslimah. Semoga penjabaran kami ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi tentang topik di atas maupun kaum wanita yang memang belum mengerti benar mengenai perkara tersebut. Demikianlah sedikit kata-kata dari kami, dan terima kasih atas waktunya membaca artikel kami. Semoga Anda selalu dalam perlindungan dan ridho-Nya. Wallahu A’lamu bis showwab.

Inilah Niat Mandi Wajib Bagi Wanita Sesuai Ajaran Islam Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina