Jumat, 24 Juni 2016

Niat Mandi Nifas Yang Harus diketahui Wanita Muslim

Niat mandi nifas, bagi Anda para wanita Muslim mungkin Anda sudah mengerti mengenai hal ini bukan. Terlebih apabila Anda sudah menikah dan memiliki keturunan, pastilah masa nifas sudah Anda lewatkan dengan baik. Namun apabila Anda belum mengetahui perihal nifas dan lain sebagainya, Anda bisa menyimak bahasan kita kali ini. Sebab, kita akan membahas mengenai nifas dan juga doa serta cara bersuci dari nifas agar wanita bisa melakukan ibadahnya kembali seperti sedia kala. Perlu Anda ketahui bahwa ketika seorang wanita melahirkan anak, pastilah setelah itu ia akan mengalami masa nifas selama 40 hari. Niat mandi nifas tentulah berbeda dengan niat mandi junub yang biasa dilakukan pula pada wanita. Mandi nifas dilakukan setelah masa nifas atau mengalirnya darah dari rahim telah selesai atau telah berhenti.

Nifas merupakan keluarnya cairan darah dari alat kemaluan wanita yang juga dianggap najis sehingga wanita tersebut tidak diperbolehkan beribadah seperti sholat, puasa dan juga berhubungan badan dengan suaminya. Masa nifas seorang wanita ini dalam jangka 40 hari, dan setelah itu ia harus menyucikan diri dengan membaca niat mandi nifas sebelum ia melakukan penyucian diri dari nifas tersebut. Penyucian diri yang dilakukan oleh wanita dikarenakan nifas ini sama halnya dengan penyucian diri karena haid seperti yang biasa dilakukan wanita setiap bulannya. Akan tetapi terdapat beberapa perbedaan yang terdapat dalam tata cara mandi suci ini.

Niat Mandi Nifas

Tata cara yang dilakukan wanita pada saat mandi suci junub dengan mandi nifas ini tentulah sedikit ada perbedaan. Salah satu yang jelas berbeda adalah niat mandi nifas dan juga niat mandi junub. Kedua niat yang dibacakan ini tentunya berbeda jauh sebab yang dilakukannya pun jelas berbeda. Tata cara mandi nifas ini sama halnya dengan mandi suci junub, yaitu dengan mengalirkan air dari pangkal rambut hingga ke ujung kaki. Akan tetapi dalam mandi nifas tidaklah hanya seperti itu saja, melainkan ada beberapa hal yang harus dilakukan lagi oleh wanita tersebut.

Adapun untuk lafadz niat mandi wajib setelah nifas lengkap bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIN NIFAASI LILLAAHI TA'AALA

Artinya:
Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats nifas karena Allah Ta'ala

Selain niat mandi nifas yang jelas sudah berbeda dengan niat mandi junub, ketika Anda mengalirkan air dari pangkal rambut hingga ujung kaki haruslah Anda menggosok-gosokkan kulit kepala Anda pula. Hal ini dilakukan karena agar air yang Anda alirkan dari pangkal rambut tersebut dapat terserap pula ke akar rambut. Sehingga mandi nifas yang Anda lakukan benar-benar dapat menyucikan diri Anda dari najis yang ada. Selain itu, dalam mandi nifas pun Anda dianjurkan untuk menggunakan sabun dan juga melepas gelungan rambut Anda, sehingga rambut Anda yang tergerai tersebut bisa menyerap air yang Anda alirkan dari pangkal rambut hingga ujung kaki.

Tata cara mandi nifas tersebut haruslah Anda lakukan dengan benar. Selain itu Anda juga harus melafalkan niat mandi nifas dengan benar yang berbunyi seperti ini nawaitul ghusla lirofi hadatsin nifaasi lillahi taala. Doa tersebut haruslah Anda lafalkan dengan benar, sebab doa tersebut memiliki arti yaitu meminta permohonan kepada Allah untuk menghilangkan segala hadas dan najis di tubuh setelah masa nifas berakhir. Setelah Anda membacakan doa mandi nifas tersebut, barulah Anda menggunakan tata cara mandi nifas yang sudah dijelaskan sebelumnya.


Masa nifas tidaklah selalu 40 hari, setiap wanita pastilah berbeda-beda, mungkin ada yang lebih cepat atau lebih melambat. Yang jelas, ketika darah dari rahim sudah berhenti mengalir, Anda harus segera mandi nifas dengan mengucapkan niat mandi nifas. Hal ini disebabkan agar Anda bisa segera beribadah seperti sholat dan puasa, serta Anda juga sudah bisa berhubungan intim dengan suami Anda ketika masa nifas tersebut telah berakhir.

Niat Mandi Nifas Yang Harus diketahui Wanita Muslim Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina