Kamis, 28 Juli 2016

Rukun Nikah dalam Islam Yang Wajib anda Tau

Rukun nikah, merupakan sebuah hal yang harus dipenuhi oleh kedua calon mempelai baik pria maupun wanita yang hendak melaksanakan sebuah acara pernikahan. Sudah sewajarnya seorang pria dan wanita melakukan pernikahan apabila dirasa usia dan hal lainnya sudah mencukupi. Pernikahan ini dilakukan juga karena untuk menghindari adanya perbuatan zina yang dilakukan oleh wanita dan pria yang masih bukan muhrimnya tersebut. Apabila zina terjadi maka dosa besar pun akan menanti siapapun yang melakukannya. Untuk itulah, dilakukannya pernikahan ini agar tidak ada hal-hal buruk yang terjadi pada kedua mempelai wanita dan pria ini. Akan tetapi, untuk melakukan pernikahan ini tidaklah semudah itu, harus ada hal yang dipenuhi sebelum akhirnya pernikahan ini bisa dilaksanakan.

Dalam Islam, seorang pria dan wanita yang telah memasuki masa baligh sudah diperbolehkan untuk menjadi pasangan suami istri asalkan keduanya bukanlah dalam satu hubungan muhrim. Akan tetapi, di Indonesia sendiri memiliki aturan yang sedikit berbeda untuk soal usia pernikahan yang bisa dilaksanakan oleh wanita dan pria ini. Ada batasan usia tersendiri, sebab hal ini merupakan salah satu cara agar pelonjakan penduduk di Indonesia tidaklah terlalu besar akibat adanya pernikahan dalam usia dini. Sedangkan dalam Islam, selain usia yang telah memasuki masa baligh, ada pula rukun nikah yang harus dipenuhi.

Rukun Nikah dalam Islam

Rukun nikah merupakan sebuah aturan yang harus dipenuhi oleh orang yang akan melaksanakan pernikahan. Rukun nikah ini terdapat 5 point penting dan satu tambahan yaitu mahar. Apabila rukun nikah ini tidak dapat dipenuhi oleh kedua belah pihak, maka pernikahan yang dilaksanakan tersebut dianggap tidak sah. Lantas, apa saja rukun nikah yang harus dipenuhi oleh kedua calon mempelai ini? Ini dia jawabannya.
  • Calon mempelai pria
  • Calon mempelai wanita
  • Wali nikah untuk perempuan
  • Dua orang saksi nikah pria
  • Mahar
  • Akad nikah
Itulah macam-macam rukun nikah yang harus kedua calon mempelai baik pria maupun wanita memenuhinya. Apabila salah satu dari rukun nikah tersebut tidak ada atau tidak tersedia, maka pernikahan tersebut terpaksa dibatalkan. Sebab, apabila tetap dilanjutkan pun tidak akan dianggap sah oleh agama maupun negara. Untuk itulah, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menikah. Untuk calon mempelai pria diharuskan memiliki persyaratan seperti harus berakal sehat, bukanlah muhrim dari calon istri, memiliki kerelaan untuk menikah dan bukan karena terpaksa, tidak mempunyai 4 orang istri yang sah dalam satu waktu, serta mengetahui calon istri yang hendak dinikahinya.

Selain syarat dari calon mempelai pria, ada pula syarat dari calon mempelai wanita yaitu seperti sehat akal atau tidak gangguan jiwa atau gila, bukan merupakan muhrim dari calon suami yang hendak menikah dengannya, bukanlah istri sah dari orang lain, sudah cukup umur baik dari sisi agama maupun negara, tidak dalam masa iddah atau masa berkabung, bukanlah seorang yang mengganti identitas aslinya atau banci. Itulah syarat yang harus dimiliki oleh seorang wanita yang hendak menikah dengan calon mempelai prianya. Apabila salah satu syarat ini tidak dimiliki maka pernikahan tidak bisa dilaksanakan.


Setelah itu, ada pula persyaratan yang harus dipenuhi oleh orang yang menjadi wali nikah dan juga 2 orang saksi pada pernikahan tersebut. Adalah seorang pria dengan cukup umur atau baligh, tidak cacat baik fisik maupun pikiran, mengerti isi ijab qobul untuk saksi, adil dan juga merdeka. Setelah itu sang mempelai pria haruslah mengucapkan ijab qobul dengan jelas dan lantang. Maksimal kesalahan adalah 3 kali selebihnya dianggap pernikahan tersebut batal. Itulah beberapa rukun nikah yang harus Anda penuhi sebelum Anda bisa melaksanakan pernikahan bersama dengan pasangan Anda.

Rukun Nikah dalam Islam Yang Wajib anda Tau Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina